Breaking News

Penanaman karakter religius melalui tadarus

Padang, Smakar,- Pembentukan karakter memang sangat penting diterapkan trhadap siswa. Terlebih lagi disaat kondisi sosial dan lingkungan yang semakin jauh dari nilai-nilai norma juga pergeseran kebiasaan yang banyak terjadi dilingkungan masyarakat. Banyak diantara remaja yang terjerembab kedalam lingkungan negatif seperti kenakalan, pornografi, lgbt dan fenomena lainnya yang dulu dianggap tabu oleh kebanyakan orang. akan tetapi hal tersebut menjadi jal yang lumrah terjadi dimana- mana.

Dalam hal ini orang tua dan pihak sekolah sangat perlu untuk memperhatikan kejanggalan- kejanggalan tersebut. Saat ini masuknya budaya luar yang bebas diakses melalui internet membuat remaja khususnya siswa SMA lebih cenderung untuk meniru. Keaadan inilah yang membuat pergeseran norma dan nilai- yang seharus nya dijaga menjadi bebas tak terarah. Oleh sebab itu pihak sekolah bersama orang tua dan pihak terkait lainnya perlu mengajak anak kita untuk kembali ke alquran dan sunnah rasulullah SAW.

Sma kartika 1-5 sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dengan misi terdidik,kompetitif, berbudaya lingkungan berlandaskan iman dan taqwa mencanangkan satu program untuk mengajak siswa kembali ke surau. Mulai dari shalat berjamaah, kegiatan keagamaan dan tadarus.

Yetti, S. pd selaku kepala SMA kartika 1-5 Padang menyatakan ” kegiatan tadarus merupakan salah satu cara untuk menyampaikan misi sekolah yaitu berlandaskan iman dan taqwa. Dengan membiasakan siswa tadarus, kita berharap siswa dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dari luar dimana nilai-nilai agama sudah tertanam dalam diri siswa . Yetti juga berharap, kegiatan ini dilaksanakan berkesinambungan dan menjangkau seluruh siswa. Kita bisa laksanakan dimushala dan dikelas. Siswa bisa memulai di awal jam agama atau di sela-sela waktu senggang istirahat dengan dibantu oleh guru2 dan seluruh personil sekolah “. Sebutnya.

Menurut beberapa siswa yang melaksanakan tadarus, ” membaca alquran membuat kita lebih tenang. Permasalahan yang berat mulai menjadi jernih selesai kita tadarus. Apalagi disela- sela jam pelajaran yang padat dari pagi hingga jam pulang. Dengan tadarus kami juga dapat mengisi waktu kami dengan lebih positif”, Jelasnya.

Check Also

Belajar Menghadapi Ujian Semester Ganjil 2021

gsersnews, berdasarkan kalender akademik Tahun Pelajaran 2021/2022, Ujian Akhir Semester Ganjil akan dilaksanakan seminggu lagi. …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *