
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas butir soal dalam rangka menunjang evaluasi pendidikan. Hasil yang didapatkan nanti sekaligus menjadi salah satu indikator pencapaian kompetensi bagi siswa yang berpartisipasi dalam uji coba instrumen akademik ke depannya.
Ujian uji coba Intrumen Akademik ini sendiri di laksanakan di Ruang Laboratorium Komputer 3 SMA Kartika I-5 Padang, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya mengikuti protokol kesehatan antara lain cuci tangan sebelum masuk dan memakai handsanitizer, memakai masker, dan jarak tempat duduk satu siswa dengan lainnya dibuat berjarak kurang lebih 1 meter. Sedangkan untuk pesertanya dibagi menjadi 2 sesi yaitu 15 siswa per sesi.
Pihak yang terlibat dalam kegiatan uji coba ini adalah kepala sekolah yang bertugas sebagai penanggung jawab, proktor, teknisi, dan pengawas. Berbeda dengan kegiatan-kegiatan tes atau ujian sebelumnya, untuk pengawasnya kali ini diambil dari unsur mahasiswa yang mendapat tugas dari Pusmenjar untuk mengawasi jalannya kegiatan uji coba instrumen akademik ini berlangsung.
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama ujian berlangsung, beberapa hari sebelum pelaksanaan, proktor dan teknisi mempersiapkan kelayakan komputer yang akan digunakan untuk uji coba serta memastikan koneksi jaringan internet. Hal ini diperlukan karena untuk uji coba ini menggunakan sistem semidaring dimana server utama sekolah terhubung ke pusat.
Selama pelaksanaan uji coba berlangsung, siswa tidak mengeluhkan adanya masalah pada aplikasi yang digunakan. Siswa hanya mengeluhkan model soal yang diujikan, mengingat mereka belum pernah mengikuti kegiatan ini sebelumnya. Namun mereka bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti uji coba ini, sehingga mereka bisa mengetahui model-model soal yang akan diujikan dalam Intrumen Akademik nantinya. Hasil dari pemantauan selama dua hari ini rata-rata siswa sangat serius mengerjakan.
Secara umum pelaksanaan uji coba instrumen akademik yang diselenggarakan Pusmenjar selama tiga hari ini mulai pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 12.00 wib bisa dibilang lancar.
Sehari sebelum ujian di laksanakan, peserta ujian telah diberikan sedikit informasi tentang penggunaan alat mauapun perkiraan bentuk soal yang akan di ujikan dalam Uji Coba Intrumen Akademik ini, sekolah hanya bisa menggambarkan bentuk soal yang mungkin menyerupai soal AKM yaitu soal yang lebih banyak membaca atau Literasi.
Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, meskipun sempat di terjang badai dan hujan yang luar biasa lebat, alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar dan kami merasa bangga dan bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti tantangan yang sudah lama dinanti-nantikan.

